Browse By

Dilema Ujian Nasional

Siswa kelas III SMP dan XII SMA ibarat artis sinetron kejar tayang. Bagaimana tidak mereka harus mempersiapkan segala sesuatunya untuk meghadapi ujian nasional dari bimbingan belajar di luar sekolah maupun di sekolah, dan mengikuti try out dari sekolah dan tempat bimbingan belajar yang setiap pekannya selalu diadakaan. Siswa dibebankan pada soal-soal yang membuat diri mereka tertekan.

Timbul pertanyaan tentang UN ini, seberpa pentingkah ujian nasional menentukan kelulusan siswa? Menjadi dilema memang karena ujian nasional ini menjadi pro dan kontra. Di satu sisi membuat belajar Siswa menjadi meningkat di lain sisi menimbulkan akibat yang buruk bagi siswa. Ujian akhir justru membuat mental siswa terbebani. Siswa tidak dapat mengembangkan potensi yang dimiliki karena harus fokus belajar mengenai materi yang diujikan. belum lagi jika siswa tidak lulus, ini akan menjadi beban tersendiri bagi mereka dan masalah baru akan timbul.

Ujian Nasional adalah kenyataan yang harus dihadapi oleh pelajar di Indonesia.  Karena ujian nasional adalah tolak ukur kemampuan siswa dalam menerima pelajar. Walaupun dirasa kurang efektif, tetapi siswa harus tetap optimis dan mempersiapkan dengan matang. Untuk itu perlu dukungan moral dan semangat dari semua pihak agar siswa tidak terlalu terbebani.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *